suryani isnoel

Guru Biologi di SMAN1 Salo Bangkinang,Kampar.Riau...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjaga Perasaan

Menjaga Perasaan

Assalamuallaikum, waallaikumsalam..seorang guru baru saja datang, masuk ruangan guru. Kulihat dia penuh semangat dan ceria. Wajahnya cantik bersahaja. Dia tidak banyak bicara dan dan cenderung apatis dengan orang yang suka membuat masalah. Lonceng tanda masuk kelas sudah berbunyi. Siswa sudah masuk kekelas masing-masing. BU guru dan bapak guru juga menuju kekelas tempat mereka mengajar. Hari ini saya mengajar dikelas XI IPS 1. Mengajar 2 jam pelajaran bidang biologi.

Assalamuallaikum, Aku masuk kelas, diterima dengan balasan salam dari para siswaku, waallaikumsallam, jawab mereka. Ketua kelas menerima kawannnya dengan komando, sebelum belajar tentang agama dan kepercayaan masing-masing. Setelah beberapa saat dikomando lagi dengan ucapan selesai. Bu guru memberi kata pengantar, karena ini adalah pertemuan pertama di dalam kelas setelah liburan semester ganjil.

Para siswa sekalian, sepuluh hari kalian menjalani liburan "apa yang telah kalian perbuat untuk membantu ibu bapak dirumah". Ada yang menjawab spontan, "tidak ada buk". Ada yang menjawab "membantu orang tua mencuci piring buk". Banyak kegiatan yang bisa diperbuat, selama liburan. Ada yang berani menceritakan pengalamannya ada yang diam saja sebagai pendengar setia. Selesai satu jam pelajaran cerita bersama para siswa. Satu jam berikutnya saya mulai menyampaikan materi tentang Makanan dan Sistim Pencernaan Makanan. Apa fungsi makanan bagi tubuh? Bagaimana proses pencernaan di dalam tubuh.

Manusia termasuk heterotrof yang memperokeh makanan dari hewan lain, baik yang berasal dari tumbuhan maupun hewan. Makanan tersebut akan dicerna terlebih dahulu oleh zat-zat yang terkandung dalam bahan makanan yang dapat diserap oleh tubuh untuk digunakan dalam perbaikan kelangsungan hidup. Pada bab ini, akan dibahas tentang zat - zat makanan, kebutuhan energi dan keseimbangan energi, pengaturan menu makanan sehat, pengaturan dan pengaturan makanan, pengaturan makanan pencernaan, teknologi makan makanan, serta makan makanan pada hewan ruminansia.

Belakangan berbunyi tanda jam pelajaran sudah berakhir.Selesai sudah tugas mengajarku hari ini. Ketua kelas kembali untuk memberikan salam pada guru bu, Assalamuallaikum wr wb, dan kembali kubalas dengan jawaban, waallaikumsallam wr wb.dan akupun kembali kelas menuju ruang guru, sebelumnya disalami oleh para siswa.

Sesampainya diruang guru aku menuju kebagian belakang. Disini ada beberapa orang guru saling berbincang dan juga berbicara curhatan salah seorang guru. Sebut saja guru ini inisialnya B. Bu guru ini begitu kesalnya, karen pagi tadi dia mendengar guru lain tentang guru. Guru ASN vs Guru kontrak. Guru Kontrak ini memiliki dilecehkan dengan penuturan guru yang menyatakan kalau jam kami guru ASN disini terancam karena guru kontrak. Padahal kami punya tanggung jawab yang besar. Kehadiran kami sangat diperhitungkan. Tidak hadir terancam berbagai sistim Administrasi. Mendengar penuturan ini guru kontrak tersinggung dan dia bilang, siapa sih yang mau jadi guru kontrak, kamipun tak mau begini katanya. Tapi dia tak punya jawaban nyali, hanya menggerutu dan curhat kekawan yang siap menjawabnya.

Sedang asyik-asyiknya guru B ini bercerita, datanglah guru lain yang kebetulan sedang mengurus pindah kesekolah lain. Guru B ini bertanya, apa jadi ibuk T pindah ke sekolah sono? dan ini dihawab oleh ibuk T tadi Iya jadi buk. Jawaban yang tidak diduga sama sekali, guru B tadi menjawab kenapa guru yang aktif-aktif ini yang pindah kenapa tidak kawan ibu yang lain yang sejurusan dengan ibuk yang pindah katanya. Memang kepindahan guru-guru disekolah ini dipacu karena sistim Administrasi dalam sertifikasi guru. Yang lucu dan mirisnya guru B yang ngomong ini tanpa mempedulikan perasaan guru lain yang ada didekatnya yang satu bidang study dengan guru T tadi. Itulah hidup, yang katanya dia tersinggung dengan omongan guru lain , tapi dia sendiri tidak menyadari telah menyinggung perasaan guru yang lain pula, cuma dalam selang waktu yang tidak jauh berbeda.

@ Sejatinya koreksi dan perbaiki diri kita, sebelum kita mencela orang lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren bu guru cantik semoga sukses nggih

28 Jan
Balas

Menjaga perasaan sesama jauh lebih penting , terlebih di ladang yang sama ya Bund...salam sehat n sukses Bund...barakallah

03 Jan
Balas

Banget bund..kadang disinilah harus main introspejsi diri, damai dikita dan nyaman diorang lain, trimakasih atensi bund..barakallah.

03 Jan

Setiap orang punya rasa dan rasa setiap orang mungkin tak sama, karenanya menjaganya merupakan keniscayaan. Sukses selalu dan barakallah

03 Jan
Balas

Betul bunda. Bak kata pepatah cubit dulu diri sendiri sebelum mencubit orang lain. Kata orang Minang, raso dan pareso itu paralu. Lamak dek awak katuju diurang...sehat sealu ya bund...barakallah.

04 Jan

Sangat penting menjaga perasaan orang lain...Ulasan yang bagus Bunda Suryani..Semoga selalu sehat dan menginspirasi...Barakallah...

03 Jan
Balas

Trmakasih sudah mampir, sehat dan sukses selalu buat bunda Rini ya..barakallah

04 Jan



search

New Post